Thursday, October 8, 2009

BAWASLU-UNDP LAKUKAN EVALUASI PENGAWASAN DAN PENEGAKAN HUKUM PEMILU PUTARAN 2

Lesson learnt adalah sebuah kata kunci yang ingin dicari oleh Bawaslu dari proses penyelenggaraan pengawasan dan penegakan hukum Pemilu setelah berakhirnya proses penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009. Hal ini diperlukan sebagai inoput strategis dalam perumusan strategi pengawasan dan penegakan hukum dalam Pemilu Kepada Daerah yang akan diselenggarakan pada tahun 2010 di 200 lebih daerah. Di samping itu, lesson learnt ini juga diperlukan untuk menyusun masukan bagi proses revisi UU Pemilu kedepan.

Atas dukungan UNDP Election-MDP, Bawaslu menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Pengawasan dan Penegakan Hukum Pemilu, yang diselenggarakan dalam 2 putaran. Putaran pertama telah dilakukan di Bogor pada pertengahan bulan Romadhon yang lalu, sedangkan putaran kedua diselenggaran tanggal 8-10 Oktober di Bali, yang diikuti oleh utusan Panwas Provinsi dan unsur organisasi Pemantau Pemilu.
Proses workshop difasilitasi oleh Dr. Topo Santoso (Anggota Panwas Pemilu 2004) , Ahsanul Minan (Konsultan UNDP untuk Bawaslu) dan Partono (UNDP).

No comments:

Post a Comment